Autorun Windows ” Hmm, kenapa sih tiap kali saya nyolokin flashdik kok begini? Kok, komputer saya mudah banget terserang virus? Lho, kan CD tutorialnya belum saya play, kok jalan sendiri?”

Tentunya Anda sudah sering mendengar salah satu contoh kasus diatas bukan ?

Ya, salah satu fasilitas dari Microsoft Windows ini memang bagi sebagian orang bisa saja menjadi “hantu”. Terlebih bagi Anda yang “selalu curiga” (baca : hati-hati) terhadap berbagai macam virus.

Fungsi Autorun ini sebenarnya baik, namun akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan oleh “virus maker” untuk menyebarkan “hasil karyanya”🙂.

Cara kerja dari Autoplay ini adalah : system akan mengeksekusi file autorun.inf ketika sebuah media penyimpanan dipasang pada komputer, baik itu flashdisk, CD, DVD atau hardisk external dan lain sebagainya.

Tentunya file autorun.inf ini telah diberikan sebuah kode atau script untuk mengeksekusi sebuah file.

Sebagai contoh, pada sebuah CD Tutorial terdapat file autorun.inf berisi sebuah script yang memerintahkan untuk menjalankan menjalankan file “run.exe”. Sehingga yang terjadi adalah, ketika CD Tutorial tadi dimasukkan pada CD-ROM, maka muncullah sebuah menu dari CD Tutorial tadi.

” Lalu apa bahayanya, Pak ? “.

Pertanyaan bagus. Coba Anda bayangkan, jika saja fungsi Autorun/Autoplay ini di aplikasikan pada sebuah virus, maka hasilnya akan fatal bukan ? Bisa saja, ketika Anda mencolokkan flashdisk yang sudah terinfeksi virus didalamnya, lalu system meng-eksekusi file autorun.inf milik virus tadi, lalu dengan begitu cepatnya pula si virus menyebarkan atau menggandakan dirinya. Keren kan ?🙂

Nah, cara untuk Mematikan fungsi Autorun/Autoplay pada Windows XP ini adalah sebagai berikut :

1.  Buka menu Run pada Windows XP. Shortcut = Win+R

2.  Ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip). Kemudian tekan Enter atau klik OK.3.  Klik pada sebelah kiri jendela Group Policy di bagian User Configuration > Administrative Templates > System.

4.  Kemudian pada jendela sebelah kanan double klik Turn off Autoplay.

5.  Pada jendela Turn off Autoplay Properties pilih enabled dan pada opsi Turn off Autoplay on pilih All Drives. (Catatan : ini akan mematikan fungsi Autoplay pada semua drive).

6.  Klik Apply lalu OK.

7.  Restart Windows XP Anda untuk merasakan perubahannya.

Bagaimana mudah bukan ?🙂

Jika Anda ingin proteksi yang berlapis. Anda dapat menggunakan antivirus untuk mencegah penularan virus lebih lanjut.